Pesawat Pengintai NAZI Paling Aneh di Dunia
5/29/2012
Di masa lalu, Angkatan Udara Jerman dikenal sebagai pakarnya teknologi
penerbangan. Mereka menjadi negara pertama yang berhasil menciptakan
pesawat bermesin jet. Di luar itu, banyak inovasi unik lain yang
dihasilkan oleh para desainer serta insinyur di sana. Beberapa
diantaranya mungkin memiliki bentuk yang sedikit asimetris, alias
janggal.
Salah satunya adalah pesawat yang dibuat oleh Blohm dan Voss dengan nama
BV 141. Mereka mengkreasikan pesawat ini berkat tingginya permintaan
pesawat mata-mata taktis.
Yang unik, Blohm dan Voss menciptakan desain pesawat yang jauh berbeda
dari kebiasaan pada umumnya. Mesin pesawat diletakkan di salah satu
bagian sementara pilot dan kru di tempatkan di bagian lain. Dengan kata
lain, pesawat ini memiliki kokpit yang benar-benar terpisah dari mesin.
Meski bentuknya aneh dan cenderung asimetris, namun Blohm dan Voss
mengklaim pesawat ini memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk
pengintaian. Sang pilot tidak perlu terganggu dengan keberadaan mesin
pesawat yang biasanya diletakkan di bagian depan. Selain itu pesawat ini
juga lihai dalam urusan bermanuver.
Kemampuan kapal rancangan dari kedua desainer itu diakui oleh direktur
perlengkapan umum Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe), Ernst Udet. Ia
menyebut pesawat ini sebagai pesawat unggulan.
Meski bentuknya tidak asimetris alias janggal, BV 141 diklaim sangat lihai dalam urusan pengintaian.
Namun sayang, meski digadang menjadi pesawat pengintai andalan, BV 141 tidak pernah diproduksi. Menurut catatan, kesulitan utama pembuatan pesawat BV 141 itu adalah pemilihan mesin BMW 801
yang sangat sulit untuk didapatkan. Pasalnya di masa perang saat itu,
mesin tersebut seluruhnya telah dialokasikan untuk memproduksi pesawat
tempur.
Banyak kalangan percaya bahwa pesawat ini tidak jadi diproduksi akibat bentuknya yang aneh.
Akan tetapi alasan lain yang mungkin menjadi faktor yang menggaris
bawahi kegagalan produksi adalah bentuknya yang sangat janggal dan tidak
disukai oleh para petinggi militer saat itu.
Terpisah, antara kokpit dan mesin dibuat terpisah untuk memudahkan pengintaian.
0 Komentar
Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas.