Masjid Qiblatain, Masjid Dengan 2 Arah Kiblat

7/28/2012

Masjid Qiblatain di Madinah adalah masjid yang unik dan berbeda di bandingkan dengan masjid lain di dunia ini. Masjid tersebut memiliki 2 tempat Imam untuk Shalat dan 2 arah Kiblat yang berlawanan. Unik, aneh dan menarik bukan?

www.belantaraindonesia.org

Masjid Qiblatain di jalan Khalid bin Al Walid, barat laut Kota Madinah adalah salah satu dari tiga masjid paling awal dalam sejarah Islam, selain Masjid Quba dan Masjid Nabawi. Dinamakan Qiblatain karena di Masjid inilah umat Muslim ditentukan arah kiblat shalatnya menghadap Kabah di Masjidil Haram, Makkah.


Dulu, sebelum kiblat shalat umat Muslim ditentukan menghadap Kabah, arah kiblat shalat menghadap Baitul Maqdis di Yerusalem. Di Masjid inilah arah kiblat diputar, seperti yang ditulisIslamic Landmarks.

Saat itu diriwayatkan Rasulullah SAW sedang menjalankan Shalat bersama para sahabat. Kemudian turun wahyu Allah yang memerintahkan mengubah arah kiblat ke Kabah di Makkah.

Mendengar perintah langsung itu, Rasulullah pun langsung memutar arah salat dari Baitul Maqdis ke Kabah. Sejak saat itu, arah kiblat umat Muslim pun berubah ke Kabah di Masjidil Haram, Makkah.

Untuk mengenang peristiwa penting itu, Masjid lokasi penentuan arah kiblat diberi nama Qiblatain. Qiblatain berarti dua kiblat.

Tidak salah memang jika Masjid ini diberi nama Qiblatain, karena ada dua tempat imam shalat di sini. Hanya saja, tempat imam shalat yang menghadap Baitul Maqdis sudah tidak dipakai karena perpindahan arah kiblat.

www.belantaraindonesia.org

Jika masuk ke dalam, Anda bisa melihat sendiri bekas tempat imam shalat. Tempat imam shalat yang dulu dipakai saat kiblat menghadap Baitul Maqdis berupa pasir dan tidak ada sajadah. Sebaliknya, tempat shalat imam yang sekarang telah memiliki mimbar khusus lengkap dengan sajadahnya.

Saat ini, Masjid Qiblatain menjadi salah satu tempat persinggahan wajib umat Muslim yang sedang wisata religi ke Madinah. Mereka ingin melihat secara langsung saksi bisu perpindahan arah kiblat.

sumber

You Might Also Like

0 Komentar

Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas.

Follow Me