Facebook Diprediksi Akan Punah Tahun 2020
6/10/2012
INFO TERBARU - Facebook saat ini boleh saja merajai media sosial
di dunia dengan 900 juta lebih pengguna. Tapi popularitas situs yang
didirikan oleh Mark Zuckerberg itu diprediksi tidak akan bertahan
sepanjang masa. Bahkan disebut akan punah pada tahun 2020 mendatang.
Klaim tersebut diungkapkan oleh seorang analis investasi senior dari
perusahaan Ironfire Capital, Eric Jackson. Prediksi itu mengacu pada
perubahan dunia teknologi yang begitu cepat. Ia melihat kasus yang
dialami oleh Yahoo yang kini mengalami kemunduran akibat kemunculan
Facebook.
Hal yang sama juga nantinya akan dialami Facebook mengingat saat ini
Facebook mengalami kesulitan untuk masuk dunia mobile internet yang
semakin digandrungi.
"Dalam jangka waktu 8 tahun mereka akan menghilang dengan cara yang sama
dengan Yahoo!" ujarnya kepada CNBC dan dikutip Daily Mail, Selasa
(05/06/2012). "Sekarang Yahoo! masih menghasilkan uang dan
menguntungkan, namun mereka hanya menghasilkan 10 persen dari masa
kejayaan mereka pada tahun 2000 silam," lanjutnya.
Tren kemunduran yang dialami Facebook itu sendiri bisa dilihat seiring
semakin menurunnya nilai saham Facebook yang kini hanya berada di angka
USD 26,9 (Rp 255 ribu) dari harga semula USD 38 (Rp 360 ribu).
Hingga saat ini Facebook melakukan langkah agresif dengan menargetkan
para pengguna ponsel dengan berbagai aplikasi, termasuk salah satunya
dengan pembelian Instagram. Namun Jackson menyebut langkah itu tidak
mudah dan Facebook belum mengantisipasi dengan baik soal skema
menghasilkan pemasukan dari ranah tersebut.
"Lihat bagaimana Google kesulitan masuk ke dunia sosial, dan saya kira
Facebook akan mengalammi tantangan yang sama saat memasuki dunia
mobile," lanjutnya.
"Dunia bergerak semakin cepat, ini akan menjadi lebih kompetitif. Saya
kira siapapun yang dominan dalam satu generasi akan mengalami kesulitan
saat masuk ke sebuah generasi yang baru," pungkasnya.
Apakah prediksi itu akan benar-benar terjadi? Kita tunggu saja.....
0 Komentar
Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas.