Allah itu Tidak Adil?

1/05/2018




Untukmu yang sering berputus-asa setelah letih berusaha keras.

Benar sekali Allah itu berkehendak terhadap segala sesuatu. Tapi bukan berarti ketika kehendak-Nya tak sesuai dengan usaha dan keinginan kita, lantas dengan cepat kita menarik kesimpulan bahwa semua usaha keras kita sia-sia.

Ingat kata Allah dalam QS Ar Ra'ad: 11, "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Jadi perintah Allah dalam ayat itu udah jelas, kita disuruh untuk berusaha keras terlebih dahulu hingga kemudian Allah yang akan mengubahnya.


Mengenai hasil akhir dari semua usaha kita, mari tawakkalkan saja kepada-Nya. Bukan berarti kita berputus asa, menyalahkan semua usaha kita dan menganggapnya sia-sia. Tapi itulah pertanda bahwa sebagai makhluk kita tak bisa apa-apa dengan segala kuasa-Nya.

Bagi Allah yang terpenting adalah bagaimana proses kita dalam berusaha, bukan pada hasilnya. Jika kita berusaha secara maksimal, dengan cara yang benar menurut Allah + tawakkal kepada-Nya setelah berusaha, yakinlah Allah akan memberikan balasan yang sesuai dengan hasil kita, insya Allah. Karena hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

Namun terkadang, hasil akhirnya bukanlah sesuatu yang kamu inginkan, hmm jangan kecewa dulu kawan. Bisa jadi hasil akhirnya bukanlah sesuatu yg kita inginkan, tapi dengan sesuatu yang mungkin lebih baik dari apa yg kita inginkan tadi.

"... Bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak" (QS Albaqoroh: 216)

Tidak ada yang sia-sia kawan, sekecil apapun kita berbuat, entah itu kebaikan maupun keburukan, Allah Maha Tahu dan Maha Adil terhadap segala perbuatan makhluk-Nya, dan perhitungan Allah amatlah sangat teliti.


 

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." (QS Al-Zalzalah: 7-8)


Tetap semangat ya kawan. Perjuangan kita belum seberapa dibandingkan perjuangan orang-orang yang terdahulu sebelum kita, tapi semangat kita tak boleh kalah dari mereka.

Dan aku rasa, agama yang lainpun juga mengajarkan hal yang sama, benar kan? :)



You Might Also Like

0 Komentar

Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas.

Follow Me